Ayo Cegah DBD dengan PSN 3M Plus

Setiap tahun pola kejadian penyakit demam berdarah dangur (DBD) di Indonesia dapat diperkirakan. Biasanya penyakit ini cenderung meningkat kasusnya pada pertengahan musim penghujan sekitar Januari dan Februari selanjutnya cenderung menurun setelah bulan Februari hingga Desember.

Masyarakat bersama Pemerintah dapat menurunkan angka kesakitan DBD dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk  PSN 3M Plus secara berkelanjutan sepanjang tahun dan mewujudkan terlaksananya Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (juru pemantau jentik).

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yaitu : 1) Menguras tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7)
Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Faktor Penyebab DBD

Terjadinya penyakit DBD disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi. Diantaranya musim penghujan akan timbul banyak genangan-genangan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk serta  lingkungan yang masih kondusif untuk terjadinya tempat perindukan nyamuk Aedes spp.

Selain itu terjadinya perluasan daerah endemik adalah akibat dari perubahan dan manipulasi lingkungan karena urbanisasi dan pembangunan tempat pemukiman baru serta meningkatnya mobilitas penduduk.

PSN 3M Plus merupakan cara efektif pengendalian DBD di lingkungan sekitar temasuk di sekolah. Oleh karenanya Kemenkes mengimbau semua pihak untuk cegah DBD dengan PSN 3M Plus.

Berita ini disiarkan oleh Biro Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI.